5 Tips Menggunakan Facebook Untuk Membantu Website E-commerce Anda

 

5 Tips Menggunakan Facebook Untuk Membantu Website E-commerce Anda

Dengan lebih dari 1,5 triliun user yang terdaftar, dan masih terus berkembang, Facebook menjadi sosial netrwork dengan anggota terbanyak di dunia. Facebook bahkan bernilai lebih dari pengeluaran tahunan banyak negara dan juga memiliki user dari seluruh dunia. Jumlah data yang dimiliki Facebook dan detail tentang user mana yang rela berbagi infromasi tentang diri mereka dari Facebook, membuat Facebook menjadi platfom yang diimpikan oleh marketer dan kebanyakan marketer memang sudah menggunkan Facebook. Berikut adalah beberapa status Facebook itu sendiri:

  • Facebook memiliki lebih dari 1,5 triliun user yang terdaftar
  • Lebih dari 699 milyar orang login ke Facebook setiap hari
  • Biasanya, orang akan menghabiskan waktu sekitar 15 jam lebih 33 menit pada Facebook setiap bulan. Totalnya adalah 700 triliun menit untuk skala dunia.
  • Lebih dari 2,5 milyar website sudah tergabung dan menggunakan Facebook

Pada saat ini ada ribuan orang yang menggunakan Facebook page untuk menjual produk mereka secara langsung ke fan mereka. Meskipun menggunakan Facebook dan terlalu bergantung pada Facebook untuk melakukan penjulan bukanlah strategi yang baik, tapi hal ini bisa menjadi salah satu rencana E-commerce anda.

Jika anda memiliki website E-commerce atau toko online, anda bisa menggunakan Facebook untuk mencapai target costumer anda lebih efektif dan membuat mereka mengunjungi toko online anda dan meningkatkan penjualan anda. Berikut adalah tips-tips menggunakan Facebook untuk memperkuat website E-commerce anda:

1. Content Adalah Raja, Bahkan Pada Facebook

Kualitas dari kontent adalah raja dimana saja. Tapi jenis konten yang pas untuk user Facebook sangatlah berbeda dari kontent blog atau artikel. Di Facebook, jika anda menulis dan mengupdate status dengan 1000 kata, maka sangatlah sedikit user yang memiliki kesabaran untuk mebaca status anda sampai akhir.

User Facebook menyukai status yang pendek, menarik secara visual dan tulisan, dan dibuat dalam cara yang unik. Tentu saja hal yang paling penting adalah status anda harus menunjukan pengetahuan anda tentang produk dalam status yang anda update.

Juga jangan terlalu terobsesi dengan produk, link, post blog milik anda sendiri setiap waktu. Kadang, berbagi informasi tentang blog dan website lain juga merupakan hal yang bagus (tapi tentu saja, jangan memberikan informasi tentang kompetitor anda).

2. Optimlakan Toko Online Anda Untuk Menggunakan Facebook

Website E-commerce anda juga harus di optimalkan untuk dapat menggunakan Facebook secara maksimal (Like, Comment, Share). Anda bisa melakukannya melalui banyak cara seperti, menawarkan sign up ke website anda melalui Facebook, Memastikan bahwa page produk anda memiliki sosial media sharing widget yang dapat ditemukan, tambahkan widget Facebook comment pada page produk anda jadi comment user dapat terlihat pada profil Facebook mereka, dan tambahkan kalimat pendek dibawah gambar produk untuk menyemangati user agar mensharenya di Facebook.

Itu adalah hal-hal dasar tetapi banyak website E-commerce tidak melakukannya yang menyebabkan mereka gagal dalam memanfaatkan Facebook secara maximum.

3. Gunakan Deskripsi Yang Menarik

Ketika anda menambahkan produk baru pada website anda, kemungkinan besar akan mensharenya langsung ke Facebook. Ketika anda melakukannya, pastikan anda menambahkan deskripsi yang menarik sepanjang 1-2 baris bersama dengan link ke website anda. Deskripsi yang menarik pasti lebih menarik banyak klik dari user daripada hany menshare link saja.

Gunakanlah juga kata yang sangat menarik ke dalam deskripsi anda. Pengamatan yang dilakukan membuktikan bahwa status yang mengandung kata Facebook, kenapa, paling, dunia, kesehatan, besar, katakan, dan terbaik akan menarik minat user dan share lebih banyak, hal ini juga sama dengan

  • Status dengan kurang dari 80 karakter akan menarik sekitar 23% lebih banyak minat user Facebook.
  • Menggunakan emoticon akan meningkatkan kesempatan mendapatkan komentar sekitar 33%
  • Post pertanyaan akan mendapatkan sekitar 100% komentar lebih banyak.
  • Kutipan akan mendapat sekitar 26% like lebih dan 19% share lebih.

4. Tingkatkan Penjualan Dengan Kontes Dan Penawaran Spesial Menggunakan Facebook

User Facebook menyukai kontes dan penawaran diskin. Mengadakan kompetisi adalah cara paling efektif untuk website E-commerce dalam menggunakan Facebook. Hampir 35% user melike sebuah page Facebook untuk berpatisi dalam kontes. Jadi berikanlah apa yang mereka inginkan. Tanyakanlah pertanyaan dan gunakan “Like untuk ya, Comment untuk tidak” teknik untuk mendapatkan feedback. Kegiatan menyenagkan seperti ini bisa meningkatkan penjualan anda secara signifikan.

5. Menggunakan Facebook Untuk Costumer Support

Cara terbaik untuk menunjukkan fan dan calon pembeli anda bahwa anda peduli kepada mereka adalah dengan memindahkan Costumer Support pada page Facebook anda. Tanyakan kepada para user untuk mensharing feedback mereka tentang produk anda serta pujian atau komplain tentang page Facebook anda. Jadilah aktif dalam merespon komentar mengenai hal tersebut dan pastikan untuk memperbaiki masalah yang ada. Ini akan menjukkan pada dunia bahwa anda peduli terhadapa kostumer anda.

Seperti sosial media lain, Facebook berkembang sesuai dengan keterlibatan User. Semakin anda melibatkan kostumer anda dengan menggunakan Facebook melalui kontent visual kualitas tinggi, kontes dan komentar respon, semakin banyak pula tindakan yang akan anda dapatkan dari mereka. Tapi ingat, tujuan anda menggunakan Facebook adalah memandu mereka dari page Facebook anda ke website E-commerce anda, karena disanalah anda bisa mengubah mereka menjadi subscriber anda. Modal online terbesar anda. Tetapi tentu saja hal itu juga tergantung dari website E-commerce anda, jika web E-commerce anda tidak menarik minat calon kostumer anda maka percuma saja. Maka dari itu selain mempelajari tentang tips untuk menggunakan Facebook untuk mebantu website E-commerce anda, anda juga perla tahu tentang Tips Menciptakan Web E-commerce Yang Sukses.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/9-powerful-tips-for-using-facebook-to-boost-your-ecommerce-store-7841

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *