Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Penjualan E-commerce Anda Dengan Twitter Marketing Yang Efektif

Twitter

Twitter merupakan platfom impian marketer manapun. Denga lebih dari 284 milyar user yang aktif per bulannya dan sekitar 500 milyar tweet per bulan, Twitter membiarkan bisnis dalam segala ukuran untuk memonitor targer kostumer mereka secara dekat, berhubungan dengan mereka secara reguler dan mebuat lebih banyak penjualan.

Untuk bisnis E-commerece, Twitter adalah sebuah tambang emas. Jika anda tahu bagaimana menggunakan platfom ini untuk keuntungan anda, anda dapat mengkonvertnya menjadi pendapatan utama bagi bisnis E-commerce anda. Hal ini tidak hanya tentang mengetahui fitur-fitur yang dimiliki oleh Twitter. Ini lebih menekankan ke bagaimana anda dapat menggunakan fitur-fitur tersebut untuk mendorong nilai bisnis anda. And hal itu merupakan apa yang akan saya beritahu pada posting kali ini.

1. Memahami Platfom Twitter Dan Tujuan Anda


Sebelum anda memulai menggunakan Twitter untuk keuntungan anda, anda perlu memahami Twitter dapat memberikan kontribusi pada bisnis anda. Twitter adalah platfom blogging mikro yang bergerak cepat. Twitter telah memberikan suara pada banyak pria dan wanita di seluruh belahan dunia yang menggunakan Twitter secara aktif untuk berinteraksi dengan teman mereka, selebritis, and mereka-mereka favorit mereka.

Twitter bukanlah platfom yang biasanya digunakan untuk bisnis E-commerce dan orang-orang tidak datang ke Twitter untuk membeli atau menjual produk. Untuk dapat memanfaatkan tool hebat ini, anda perlu mempelajari peraturan gamenya. Daripada menjual produk setiap waktu, anda juga harus ikut pembicaraan, membangun hubungan, mendirikan kepercayaan dan kemudian melakukan penjualan.

Jangan mengharapkan hasilnya akan terlihat secara langsung setelah anda melakukan semuanya. Tapi ketika anda sudah menetapkan diri anda pada Twitter dan mendapakatkan kepercayaan follower anda, bisnis E-commerce anda akan mulai berjalan.

2. Bangun Image Merek Yang Kuat Dengan Profile Anda.


Tujuan anda berada di Twitter adalah untuk melakukan penjualan. Untuk melakukan hal tersebut, anda perlu mendirikan kepercayaan dengan membangun image merek yang kuat. Profile Twitter anda adalah tempat yang sempurna untuk memulai aktifitas mereka anda.

  • Twitter Handle: Isi dengan nama perusahaan anda. Jika nama perusahaan anda tidak tersedia, tambahkan nomor pada akhir kalimat. Tapi cobalah untuk membuat Twitter Handle simpel dan mudah diingat.
  • Profile Picture: Gunakan logo perusahaan anda sebagai foto profil anda.
  • Header Image: Gunakan gambar team anda atau gedung kantor sebagai header image. Dalam dunia virtual, menujukkan keberadaan fisik anda bisa membantu anda menjadi berbeda dari yang lain. Jika anda tidak memiliki keberadaan fisik, gunakan gambar yang merefleksikan bisnis anda.
  • Bio: Twitter memberikan anda 160 karakter untuk mendeskribsikan diri anda/ bisnis anda. Gunakan batasan yang diberikan Twitter dengan bijak. Tanpa menjadi terlalu mewah, jelaskan dalam kata-kata yang jelas tentang apa bisnis anda. Gunakan keyword yang beresonansi dengan target anda. Contoh:Twitter
  • Location: Untuk website E-commerce, lokasi biasanya merupakan hal yang penting. Jadi jelaskan lokasi anda dengan jelas pada profil anda.

3. Aktifkan Twitter Card Untuk Page Produk


Twitter card merupakan fitur Twitter yang sangat berguna untuk website E-commerce. Jika diaktifkan pada website anda, Twitter card akan menunjukkan informasi tambahan ketika seorang mentweet page produk anda. Tweet standar dibatasi hanya sampai 140 karakter, tapi Twitter card memperlebar limit tersebut dengan menunjukkan potongan dari page produk anda yang termasuk harga produk dan kuantitas dalam stok. Ini akan menyederhanakan proses pembelian untuk pembeli anda dan menambahkan kemungkinan melakukan penjualan.

Twitter

4. Tarik Perhatian Follower Menggunakan Cara Yang Cerdas


Ketika anda telah memiliki semua hal dasar yang diperlukan, anda sekarang harus fokus dengan menarik perhatian follower yang relevan. Incar orang yang suka shopping online atau orang yang memiliki kemungkinan akan membeli produk website E-commerce anda. Berikut adalah beberapa cara cerdas yang dapat and gunakan untuk menarik minat orang menjadi follower anda:

  • Jadilah Sumber Pengetahuan: Akun yang mengshare tweet yang dapat ditindaklajuti dan memiliki kualitas tinggi secara rutin, secara natural akan menarik minat follower. Pastikan bahwa tweet menyediakan sebuah tujuan dan buat tweet anda agar dapat ditindaklanjuti. Bagikan tips, nasihat, dan praktik terbaik.
  • Incar Follower Saingan Anda: Follower sangian adalah tempat terbaik untuk memulai mengumpulkan follower. Tarik mereka ke profil anda dengan berinteraksi dengan mereka. Pergi ke profil saingan anda dan lihat apakah ada tweet atau pertanyaan tak terjawab yang bisa anda jawab. Masukkan nama saingan anda dalam Twitter search dan lihat apa yang orang katakan tentang mereka. Respon tweet mereka untuk membiarkan mereka tahu bahwa anda adalah pilihan yang lebih baik.
  • Promosi Cross-Network: Undang orang-orang dari profil anda di Facebook, Google+, Linkedln dan sosial media lain untuk mengunjungi akun Twitter anda. Lakukan hal ini dengan menambahkan Twitter handle anda dalama semua perkenalan anda dan dengan memosting tentang akun Twitter anda secara rutin pada platfom yang berbeda.
  • Respon RT: Ketika anda mendapat ReTweet, favorite RT tersebut sebagai balasan dan kirimkan sebuah terima kasih pada message balasan anda. Ini akan membantu anda mendapatkan lebih banyak follower.

5. Struktur Tweet Anda Untuk Interaksi Secara Maksimum


Setiap tweet hanya memiliki 140 karakter, tapi masih memerlukan banyak strategi untuk mendapatkan interaksi (ReTweet, Balasan, dan Favorite) pada Twitter. Struktur tweet anda merupakan hal yang penting untuk kesempatan anda mendaptkan follower baru. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ingat.

  • Panjang Tweet: Tweet yang miliki antara 110 dan 115 karakter menarik RT dan interaksi tertinggi.
  • Penempatan Link: Jika tweet anda memiliki link, tempatkan link tersebut dekat dengan awal tweet. Sebuah analisis membuktikan bahwa tweet yang mengandung link pada 50 karakter pertama menarik lebih banyak RT dan CTR.
  • Hashtag: Tweet dengan hashtag mendapatkan 55% RT lebih banyak. Gunakan sampai 3 hashtag pada semua tweet.
  • Kutipan: Tweet dengan tanda kutip mendapatkan 30% RT lebih banyak.
  • Gambar dan Vine: Tweet dengan gambar dan konten visual mendapatkan hampir 200% RT lebih banyak.
  • Tweet timing: Tweet yang dipublish antara jam 9 pagi sampai 6 malam mendapat interaksi tertinggi pada hari kerja.
  • Mention: Ketika mentagging seseorang pada Twitter, pastikan bahwa tweet tersebut tidak dimulai dengan Twitter handle. Jika tidak hanya orang yang ditag yang akan dapat melihatnya.

Kesimpulan


Membuat penjualan E-commerce pada Twitter membutuhkan strategi jangka panjang. Hal ini bukanlah proses yang cepat, tapi jika anda fokus dalam berinteraksi follower anda dan menarik minat follower baru dengan mensharing tweet yang berkualitas tinggi, orang-orang akan mulai mempercayai mereka anda dan inilah saat dimana anda bisa mempromosikan produk anda dan melakukan penjualan pada Twitter.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *