Menciptakan Menu Navigasi Kustom Menggunakan WordPress

menu navigasi WordPress

Hentikan mensetting page menjadi draft untuk menyembunyikan page – page tersebut dari menu navigasi WordPress anda. Pelajarilah bagaimana untuk memegang kontrol penuh dari menu navigasi situs WordPress anda!

Hilang sudah, pada faktanya… Sudah lama hilang sudah hari – hari dimana kita perlu menghack menu WordPress agar anda bisa menghapus  “entri menu” dari tampilan WordPress anda.

Ketika dilakukan dengan benar (oleh theme developer) kita dapat memiliki kemampuan untuk mengkostumisasi menu navigasi WordPress secara penuh dan menggunakan interface yang sangat simpel pada dashboard WordPress. Pada fakatanya, kita bisa menambahkan entri pada link menu tentang page apa saja… Termasuk kategori, tag arsip, posting, link kustom, dan tentu saja page. Pada posting kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana caranya menciptakan menu navigasi kustom menggunakan WordPress.

Pertama, login dulu ke dashboard WordPress anda jadi anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan.

Sesudah anda login, langsung pergi ke interface menu dengan mengklik Appearance -> Menus.

Ketika anda sudah disana, klik tab Screen Options yang terletak pada bagian atas page. Centang semua pilihan yang ada, karena dengan begitu anda dapat melihat semua opsi yang tersedia untuk anda.

Tab Manage Locations akan memberikan anda indikasi cepat tentang beberapa banyak menu yang dapat ditampung oleh theme anda saat ini. Mudah – mudahan, theme dapat menampung setidaknya satu menu. Jika theme anda tidak menampung menu sama sekali maka anda pasti menggunakan theme yang sangat sangat tua (atau mungkin theme milik anda rusak). Jika seperti itu maka dapatkanlah theme yang baru.

Nama theme atau “location” akan muncul pada sisi kiri. Ini adalah konvensi penamaan yang digunakan oleh theme developer. Mudah – mudahan, theme tersebut dinamai sedemikian rupa dimana itu akan menjadi jelas dimana menu navigasi akan muncul pada situs kita. Jika tidak, maka ketika kita mulai menambahkan entri, ini akan menjadi jelas dimana menu navigasi kan terletak.

Kemungkinan besar anda tidak akan memiliki menu untuk menetapkan “menu location” jadi mari kita menciptakan menu baru.

Membuat Menu Baru Di WordPress


Berikut adalah cara – cara untuk menciptakan menu baru di WordPress

  1. Klik Appearance -> Menus.
  2. Pastikan bahwa anda pada tab Edit Menus.
  3. Klik link “create a new menu”
  4. Beri nama menu itu dan klik button Create Menu.
  5. Dibawah Menu Settings anda bisa menetapkan menu ini pada lokasi manapun yang ditentukan oleh theme anda. Pilih salah satu lokasi.
  6. Disini anda juga bisa memutuskan untuk “Automatically add new top-level pages to this menu” tapi saya pikir kita  sedang mencoba mengkustom menu jadi biarkan kotak itu kosong.
  7. Sekarang, dari sisi kira anda bisa memilih item menu untuk ditambahkan pada area Menu Structure.
  8. Setelah menambahkan item menu, pastikan untuk mengklik button Save Menu jika tidak maka menu anda tidak akan tersimpan.
  9. Kunjungi (dan refresh) homepage situs WordPress anda untuk melihat menu baru anda.

Menambahkan Entri Baru  Ke Menu WordPress


Baik, pada langkah sebelumnya kita memilih semua opsi dari tab Screen Options jadi kita dapat menambahkan cukup banyak hal pada menu yang kita ciptakan tadi.

Secara default hanya area dengan ‘konten yang ada’ yang akan ditampilkan, contoh dalam bagian ‘kategori’ anda hanya akan melihat kategori yang memang memiliki posting dalam kategori tersebut. Jika anda ingin menambahkan kategori kosong pada menu (karena mengantisipasi kategori tersebut  akan memiliki konten segera) kemudian klik link ‘View All” daripada link default “Most Used”.

Anda memiliki opsi untuk menambahkan item-item berikut pada menu:

  • Pages: Seperti yang sudah bisa ditebak, dan kemungkinan item inilah yang akan paling sering digunakan.
  • Posts: Anda bisa medirect pengunjung ke posting anda dari menu WordPress.
  • Links: Ini untuk link kustom ke URL manapun.
  • Categories: Link untuk mendirect ke page arsip kategori manapun.
  • Tags: Jika anda ingin melink ke asip tag.
  • Format: Skip it.

Anda juga bisa menghapus menu item dengan mengklik link “Remove”

Sekali lagi, pastikan untuk mensave menu anda setelah semua perubahan yang anda lakukan.

Dan masih banyak hal yang bisa anda manipulasi dalam menu WordPresss, silahkan eksplorasi apa saja hal yang bisa anda manipulasi dalam menu WordPress.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *