Tips Mengoptimalkan Kecepatan WordPress Anda

 

Tips Mengoptimalkan Kecepatan WordPress Anda second version

Apakah WordPress anda sudah dalam keadaan prima? Apakah menurut anda WordPress anda sudah berada dalam kecepatan yang pas? Kalau iya, seberapa cepat WordPress anda meload sebuah page? Ini merupakan pengetahuan umum bahwa kecepatan website anda merupakan salah satu faktor yang akan memastikan bahwa pengunjungan anda akan mendapat pengalaman yang baik saat berkunjung ke website anda. Jadi, secara personal saya berpikir bahwa menghabiskan waktu sebentar untuk mengoptimalkan kecepatan WordPress anda merupakan hal yang patut diperhitungkan. Dalam posting kali ini saya akan memeberikan beberap tips tentang bagaimana mengoptimalkan kecepatan wordpress anda.

Sebelum saya memberikan tips-tips yang saya janjikan, alangkah baiknya jika anda mengukur terlebih dahulu tentang seberapa cepat kecepatan WordPress anda saat ini jadi anda memiliki pembanding yang bisa anda gunakan untuk membandingkan kecepatan WordPress anda saat ini dengan kecepatan WordPress anda saat sudah dioptimalkan.

Bagaimana Mengukur Kecepatan WordPress anda

1. Menggunakan Page Speed Tool Untuk Mengukur Kecepatan WordPress

Page Speed Tool yang merupakan tool dari google yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan WordPress anda dan cobalah untuk membuat website anda dapat mencapai score antara 85+ sampai 100. Page Speed Tool juga memiliki browser addon untuk mengukur kecepatan sebuah website. Page Speed Tool bekerja dengan menganalisis sebuah page website dan memberi saran tentang bagaimana mengoptimalkan kecepatan website tersebut berdasarkan peraturan mengenai website berkecepatan tinggi.

Mengoptimalkan kecepatan wordpress

2. Menggunakan YSlow Untuk Mengukur Kecepatan WordPress

Yslow Firefox addon merupakan tool lain yang dapat anda gunakan untuk mengukur kecapatan sebuah website dalam meload page. Yslow merupakan addon Firefox yang digunakan dengan Firebug Web Development Tool. Jadi jika anda ingin menggunakan Yslow, pertama anda harus menginstall dulu Firebug addon dan setelah itu baru anda bisa menginstall Yslow addon

Kecepatan WordPress

Seperti yang dapat dilihat dalam contoj diatas, website yang diukuer kecepatannya oleh Yslow memubutuhkan waktu sekitar 23 detik untuk meload sebuah page dan hal tersebut bukanlah hal yang bagus karena untuk meload sebuah page tidak butuhkan waktu selama itu. Website tersebut harus mengoptimalisasikan website mereka untuk menambah kecepatan website mereka.

3. Mengurangi Query Database WordPress Anda Untuk Menambah Kecepatan WordPress Anda

Jumlah query database pada suatu page website dapat memberi efek pada kecepatan sebuah website dalam meload sebuah page dalam website tersebut. Anada dapat menggunkan kode berikut yang dapat anda tempatkan di bagian footer theme anda untuk menemukan query database yang dibuat oleh sebuah page:

<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds.

Pastikan bahwa page pada website anda tidak membuat query database yang tidak diperlukan

Setelah anda selesai mengukur kecepatan WordPress anda dan sudah mendapatkan data yang diperlukan, sekarang akan saya beri beberapa tips tentang….

Bagaimana Cara Mengoptimlakan WordPress Anda

  1. Upgrade WordPress anda ke versi terbaru (anda juga harus melakukannya untuk alasan keamanan juga)
  2. Gunakan Plugin W3 Total Cache
  3. Minimalkan penggunaan Query PHP yang tidak dibutuhkan. Contoh, daripada menggunakan  <?php get_bloginfo(‘wpurl’); ?> kenapa tidak menggantinya dengan dengan URL instalasi WordPress anda? Jadi browser dapat dengan mudah membacanya daripada membuat query.
  4. Disable atau Delete beberapa plugin yang dirasa tidak terlalu diperlukan oleh website anda.
  5. Perbaiki dan Optimalkan Database anda dari myPhpAdmin.
  6. Cek code theme anda (pastikan untuk menggunakan kide HTML yang valid)
  7. Dapatkan Hosting yang baik.

Anda dapat menggunakan Plugin yang disebut PHP Speedy yang dapat mengurus beberapa tips yang disebutkan diatas. Tentu saja, semua tips yang saya berikana hanya berlaku bagi para pengguna WordPress. Jadi bagi anda yang masih bimbang tentang apakah anda perlu menggunakan WordPress atau tidak, silahkan baca artikel tentang 7 Alasan Untuk Menggunakan Platfom WordPress Sebagai Website Anda untuk menyingkirkan kebimbangan anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan semoga kecepatan WordPress anda sendiri sudah sesuai dengan apa yang pengunjung anda inginkan.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/wordpress-optimization-tips-and-tricks-for-better-performance-and-speed-1435

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *